Minggu, 13 Juli 2008

PLESIRAN TEMPO DOELOE: Spoorwegstations di Djakarta

By Adep
Minggoe pagi tanggal 13 boelan Juli tahon 2008 djam poekoel 07.30 sampe klaar djam 2an siang yah..
Moengkin banjak diantara kita orang jang pendoedoek Djakarta ini blom pernah rasahken ni'matnja naek trem, sebab-sebab itoe trem soeda di-breidel pada djemannja Bung Karno, kerna ada jang bilang itoe apparaat (eh iya nih aparat itu sebenernya artinya alat yah, kalo sekarang kan pak pulisi atau tentara)
transportatie sangetlah Belanda, brisik, semrawoet poela, dan tida' enak didenger boenjinja jang kerap menderit tatkala liwati djalan besar, dan djoega sering tabrakken orang sembarangan kerna itoe ladjoe trem tempo-tempo trada dibatesin ketjepetannja, sehingga kadang soeka "slonong boy" hantem sana, hantem sini, bahkan perna soeatoe waktoe itoe trem kassie tabrak orang di djalan selang 4 djam !!!

Adddduuuuh, djadinja bener dong alesannya moesti diapoes... Udah gitu yang, trem itu kan berada di bawah instansi bernama N.I.T.M, kependekan dari Nederlandsch Indishe Tramweg Maatschappij, namoen kerna seringnja itoe apparaat transportatie bikin orang semapoet, maka orang Djakarta di djeman doeloe lebi seneng kassie arti itoe N.I.T.M sebagi: Naek Itoe Tentoe Mati !!! walaaaahh..

Okeh, tentang trem ini, juga ada perusahaan yang mengoperasikan trem, bernama B.V.M atau Bataviasch Verkeer Maatschappij, yang kemudian berganti nama menjadi PPD, yah PPD yang sekarang ini sering berseliweran di jalanan Ibu Kota. PPD atau Peroesahaan Pengangkoetan Djakarta, sekarang idoepnja serasa idoep segen mati tak mahoe, alias ngos-ngosan tenaga- nja, sehingga kwaliteit kerdjanje menoeroen. Kitaorang aken rasahken ketoeroenan daripada B.V.M ini, ia itoe PPD tadi, maka dari itoe oentoek plesiran tanggal 13 mendatang kitaorang aken tjobain doedoek di bangkoe bus ini, tetapi kerna kemaren-maren kitaorang tjoba tjari bus jang bermontjong boeaja soeda tida ada kerna faktor oesia jang keliwat oedzoer, maka
boeat ini tempo kitaorang aken naekin Bus PPD jang ber-ac (Jakarta panas gila! butuh AC!) Yah, naek Bus PPD AC sembari mengenal masa kedjajaan Bus PPD di tahon 50an, 60an, 70an, tatkala kitaorang poenja orang toea misih merasahken begimana soesahnja idoep di Djakarta!

Perdjalanan naek Bus PPD ini aken kitaorang laksanaken dari Station Manggarai menoedjoe ke Station Tandjong Priok, jang seblomnja kitaorang naekin Trein (bok, bahasa belandanya kereta api itu trein yah, bukan sepur -dari kata spoor- karena kalo spoor itu artinya jalur, inget yah!!!) Selama naek trein economie dari Station BEOS (sekarang Stasiun Jakarta Kota), kitaorang aken ditjeritaken riwajatnja oleh: teman-teman dari IRPS (Indonesian Railway Preservation Society), jang demen betoel dengen segala sasoeatoe jang berhoeboengan dengen doenia perkeretaapian.

Tentoe kitaorang aken dikassie perihal functie (fungsi) dari pernak-pernik kereta api jang dinaiki, brikoet pendjelasan perkara asal-moeasal bilangan (kawasan) dan station trein kitaorang liwati pada hari Minggoe itoe, moelai dari Station Djakarta Kota, Station Djajakarta, Station Mangga Besar, Station Sawah Besar, Station Djuanda, Station GondangDia, Station Gambir, hingga ke Station Tjikini dan berachir di Station Manggarai. ach toean dan njonja aken poeas diboetnja!
Dari Station Manggarai ini kitaorang berdjalan kaki barang sedikit goena samperin sala satoe loko listriek jang ada di Batavia, model Lokomotief listrik WERKSPOOR-HEEMAF nomor 201 (ESS 3201). Ini Loko meroepakan satoe artefak sedjarah dari masa kedjajaannja jang patoet kitaorang lestariken, dan tepatnja selametken! Namoen sanget disajangken bahoewa itoe Loko WH 201, tampaknja agak terloepaken di tenga aroes sedjarah. Maka dari itoe, Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) sebagi satoe organisatie jang perdoeli terhadep asset perkeretaapian Indonesia jang bernilai sedjarah, berniat boeat melestariken ini lokomotief, dengan samen-werken (berkerdjasama) dengen berbagi fihak jang terkait goena bikinin satoe boeah monumen lokomotief listriek agar tetep dikenal oleh generatie mendatang. Oh iya lokomotief listriek ini juga sering disebut Bon Bon, karena apa? entar deh kita dengerin penjelasan dari teman-teman IRPS (sambil nanti kita bergoyang shake your bon-bon?!)

Sekarang djanganlah kitaorang toeroet-toeroetan bentji, dengki, kesel ama kepada itoe trem, lebi baek kitaorang saksiken sahadja riwajatnja jang kitaorang aken kassie poeter dengan hati seneng, Disitoe kitaorang bole berame-rame saksiken itoe trem jang sedeng liwati djalanan di kota kita tertjinta ini, tjari tahoe dimana-mana sahadja itoe trem melintas, bahkan bisa batjai iklan reclame djaman doeloe, salah satoenja: Soesoe Tjap Nona! yah ini susu emang jadul bo! Sablonnja (sebelumnya) kitaorang achiri isi reclame plesiran ini, soedilah sidang pembatja jang boediman oentoek kassie batja satoe poeisi jang memiloeken di tahon awal-awal kemerdekaan:

Kalu Tram Mogok(oleh: Tjaotao todjin)Kita hidup dalem suasana baru,
Tida lagi didjeman merah putih biru,
Tjumah keadaannja ada sedikit keru,
Dan sering terdjadi pemogokan buruh!
Trem mogok, tukang betja girang,
Tapi tukang tjopet hasilnja kurang,
Ini akibatnja djeman sekarang,
Kekatjauan tamba keberesan djarang!
Buruh trem telah madjukan tuntutan,
Hadiah Lebaran dua bulan gadji kontan,
Madjikan trem merasa keberatan,
Kerna sekarang trem kurang pendapetan!
Sikepnja madjikan seperti keliwatan,
Tida luluskan buruhnja punja tuntutan,
Tapi kabarnja biar trem penuh muatan,
Pendapetannja habis didjilat setan!!
Inilah sebabnja maka terbit pemogokan,
Lagi-lagi buruh bentrok dengan madjikan,
Akibatnja bikin buruh ketjil kelabakan,
Kerna bikin suker marika mentjari makan!
Buruh ketjil nasibnja paling sialan,
Laen orang berklai, sendiri dapet pukulan,
Apapula nanti kebetulan tanggung bulan,
Pergi pulang kantor banjak jang djalan
puisi dari: Majalah Starweekly 8 Djuli 1951
Pem.Red: Mr. Auwjong Peng Koen (kita lebihmengenalnya dengan nama: P.K. Ojong, pendiri Harian Kompas).
Penerbit: NV. Hd. Mij & Drukkerij"Keng Po" Djalan Pintu Besar 86-88 Djakarta-Kota

Tidak ada komentar: